Keseimbangan Pendidikan Formal Dengan Pendidikan Moral

Keseimbangan Pendidikan Formal Dengan Pendidikan Moral

Ilustrasi : makelarngaji.com
Pendidikan formal pada beberapa tahun belakangan ini merupakan sesuatu yang diutamakan, karena gencarnya pendidikan formal yang dikhusus kan sehingga anak seringkali lupa akan moral yang harus dipelajari. Seringkali anak disekolahkan di sekolah yang unggulan dengan berbagai privat atau les yang diambil untuk menaikkan prestasi dalam belajar, sehingga orang tua sering lupa akan moral yang lebih utama yang harus dilatih. 

Pernah saya mendengar cerita dari seorang guru disalah satu sekolah unggulan di daerah saya, memang prestasi belajar dari siswa di sekolahan tersebut sangat membanggakan tetapi ketika moral/akhlak mereka untuk lebih menghargai guru sama sekali tidak ada. terkadang siswa menganggap rendah guru karena mereka yang sekolah di unggulan dengan biaya yang dikeluarkan dari orang tua siswa lebih banyak. Padahal sikap hal tersebut sangat tidak baik,karena seharusnya siswa lebih menghormati guru mereka karena guru mereka memiliki umur yang lebih tua serta telah berjasa karena memberikan ilmu kepada siswa.

Jadi sekarang yang menjadi tugas para orang tua adalah bagaimana mendidik moral anak mereka supaya seimbang antara kemajuan pendidikan formal dengan pendidikan moral.

Subscribe to receive free email updates: