Kiat Cepat Menyusun Skripsi atau Tesis

Kiat Cepat Menyusun Skripsi atau Tesis 
 

Terkadang seorang yang sudah masuk ke jenjang perguruan tinggi merasa bangga, karena mereka sudah berada diatas dari jenjang pendidikan dasar. Dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi seringkali mahasiswa pada semester pertama merasa bahwa mereka akan selesai kuliah dan wisuda tepat waktunya, tetapi ketika mahasiswa tersebut ssudah berada di tingkat akhir atau pada saat penyusunan tugas akhir atau yang biasa disebut skripsi/tesis mereka memiliki banyak kendala. Kendala tersebut biasa datang dari eksternal maupun internal yang saling berkaitan.

Faktor eksternal biasanya menyebab utama timbulnya faktor internal dari diri mahasiswa itu sendiri, adapun faktor eksternal misalnya;

a. Dosen Pembimbing yang terlalu sibukatau bahkan beliau merupakan dosen terbang (Dosen Luar Biasa), sehinggauntuk berkonsultasi membutuhkaan waktu yang lama.
b. Ada beberapa mata kuliah wajib yang belum diambil atau bahkan mengulang kebali untukseester berikutnya.
c. Belum mampu membayar uang SPP, sehingga ada beberapa mahasiswa yang sibuk mencari kerja untuk biayakuliah.
d. Mahasiswa tidak satu ide dengan masukan dari pembimbing skripsi atau tesis.

Faktor eksternal ini lah yang sering menganggu mahasiswa tingkat akhir daalam menyelesaikan tugasakhirnya,sehinggamenyebabkan faktor internal dari dalam diri mahasiswa itu sendiri seperti;

a. Malas.
seringkali mahasiswa merasa malas untuk memikirkan atau bahkan melihat tulisannya sendiri dalam tugas akhir/skripsi/tesis. Kalau sudah terkena penyakit ini maka mahasiswa itu akan bangkit dengan sendirinya jika motivasi berasal dari dalam diri mahasiswa itu sendiri.

b. Kurangnya memanajemen waktu.
Mahasiswa yang kuliah sambil bekerja biasanya susah sekali dalam mengatur waktu antara tugas kantor dengan kampus. Sehingga seringkali mahasiswa lebih memiih bekerja secara giat dibandingkan untuk mengerjakan tugas akhirnya, alasannya kalau tugas akhir bisa kapan saja dilakukan. Padahal pendapat itu salah, karena tugas akhir kalau tidak dilakukan dengan segera maka mahasiswa akan sukar bahkan lupa akan kewajiban yang utama. Ketika mahasiswa tersebut berada pada posisi seperti ini, mereka hanya memiliki satu pilihan; lebih mementingkan pekerjaannya atau drop out (DO) dari kampus.

c. Rasa Bosan
Menyusun skripsi/tesis seringkali mahasiswa merasa bosan atau jenuh,rasa ini muncul dikarenakan faktor menunggu dosen yang terlalu lama atau karena dari diri sendiri.

d. Tidak ada nya teman satu angkatan.
Teman memang dibutuhkan ketika mahasiswa beradapada tingkat akhir, karena ketika mahasiswa mengalami kesulitan, biasa nya mahasiswa berkeluh kesah dengan teman.

e. Lebih berat dalam kegiatan organisasi dikampus.
Terkadang mahasiswa yang gemar berorganisasi lupa akan kewajiban utamanya untuk menyelesaikan kuliahnya dengan tepat waktu, mahasiswa kalau sudah mulai memasuki penyusunan skripsi/tesis bila terhambat oleh satu masalah mereka akan memilih untuk lebih giat berorganisai dibandingkan bimbingan dengan dosen pembimbing.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya komunikasi antara pembimbing/dosen dengan mahasiswa. Selain itu perlu adanya trik dan kiat kiat agar mahasiswa mampu mengatasi kesulitan dalam menyusun skripsi/ tesis yaitu:

a. Menyediakan buku kecil untuk mencatat agenda atau rencana rencana yang akan dilakukan setiap hari nya.
b. Mencatat perkataan atau perbaikan dari dosen ketika bimbingan.
c. Selalu berusaha memotivasi diri sendiri
d. Rajin ke kampus, agar up to date segala hal yang berhubungan dengan skripsi/tesis yang sedang kita buat.
e. Jangan malu untuk bercerita masalah skripsi/tesis yang sedang kita tulis dan jangan malu untuk meminta penilaian penelitian yang sedang ditulis kepada teman.
f. Mulai berteman dengan perpustakaan.
g. Mulai memanajemen waktu, untuk mahasiswa yang gemar berorganisasi bisa mengurangi kegiatan didalam organisasi dan lebih mengfokuskan diri pada penyelesaian skripsi/tesis

Subscribe to receive free email updates: